Jurus-Jurus Bisnis

Ada banyak metode yang dapat kita gunakan untuk mengajarkan konsep-konsep bisnis. Bagus tidaknya metode dapat diukur dengan seberapa besar nilai-nilai bisnis bisa dipahami dan dapat diterapkan oleh orang lain. Salah satu cara memahami bisnis dapat dengan belajar kepada alam yaitu tanaman, hewan dan mineral. Selanjutnya konsep-konsep bisnis kita namakan dengan Jurus – jurus.Konon, alat angkut yang terelang1tua pada peradaban manusia adalah keledai. Keledai bangga menjadi yang tertua atau Paling Awal alias pioner. Kemudian, datanglah kuda menggeser peran keledai karena Paling Kuat. Tiba – tiba, datanglah Zebra yang digemari orang meski bukan pioneer maupun paling kuat. Orang memilih Zebra karena Paling Beda, berpenampilan tidak sama dengan memberi garis hitam putih berseling pada sekujur badan.Pada dasarnya, ke-3 konsep tersebut merupakan salah satu konsep dasar pemenang bisnis. Pilihlah salah satu (atau menggabungkannya jika anda mampu) yaitu :1. Pioner atau menjadi Paling Awal,2. Terbaik atau menjadi Paling Kuat, dan3. Paling Beda.Konsep lain dari bisnis yang harus dipenuhi seorang calon pelaksana bisnis adalah 1. Unik dan sulit ditiru orang lain,2. Dibutuhkan orang (konsumen), dan3. Menguntungkan anda.Jurus-jurus lain yang dapat diaplikasikan dalam mengelola bisnis antara lain yakni :

1. Jurus Elang

Elang menggambarkan hewan yang tajam mengincar mangsa. Dari jarak jauh elang bisa mendeteksi keberadaan mangsa meski dibalik semak belukar. Artinya, pengusaha harus cepat tanggap melihat peluang dan sesegera mungkin memanfaatkannya sebaik mungkin. Dengan bahasa kasar, 8 dari 10 orang yang ditemui pengusaha harus menjadi fulus. Radius 5 m dari tempat dia berdiri diantara orang-orang adalah pasar. Dari 8 orang tersebut, minimal 1 orang menjadi langganan.1elang1.jpg

 

2. Jurus KudaKuda menggambarkan kekuatan yang lincah dan tak kenal lelah. Artinya, pengusaha harus bekerja keras. Dalam perkembangannya, pengusaha menjadi joki kuda. Yang bekerja keras adalah anak buah, yang pegang kendali tetap sang pengusaha.kuda1 

3. Jurus LipanLipan menggambarkan binatang berkaki banyak. Kalau kakinya patah 1 atau 2, Lipan masih lancer berjalan. Artinya, hindari memusatkan seluruh potensi di 1 tempat. Tapi mengembangkan jangkauan usaha hingga daerah lain. Contoh : dalam bisnis restoran, tidak perlu meningkatkan jumlah meja hingga 100 buah. Tapi, buatlah cabang 5 cabang ditempat lain berkapasitas rerata 20 meja. Kalau salah satu cabang bangkrut, cabang yang lain bisa membantu sehingga secara keseluruhan usaha tidak berhenti.lipan1 

4. Jurus KelapaKelapa menggambarkan multipotensi yaitu seluruh bagian dari pohon dapat digunakan. Batang untuk kayu, daun untuk ketupat, lidi untuk sapu, sabut untuk pengikat, tempurung untuk arang aktif dan air buah untuk minuman menyegarkan. Artinya, pergunakan seluruh potensi produk menajdi duit dan hindari sisa produk tak berguna. Pilihlah karyawan yang mengusai lebih dari 1 ketrampilan. 

5. Jurus Semut

Semut menggambarkan kerjasama tim. Artinya, pengusaha harus bisa membangun budaya kerjasama dalam tim, komunikasi 2 arah dan distribusi tugas yang tepat dan jelas.

semut1

6. Jurus OntaOnta menggambarkan kemampuan antisipasi dan persiapan yang mantap. Onta mampu berjalan teramat jauh pada lingkungan panas terik tanpa meneguk air setetes pun. Kuncinya ada pada cadangan air berlimpah dipunuknya. Artinya, pengusaha harus mempersiapkan diri dalam finansial dan mental pada perjalanan bisnis. Antisipasi hal-hal yang diluar rencana. Hindari menggunakan seluruh uang untuk pengembangan usaha. Selalu sediakan uang cadangan jika terjadi peristiwa tidak diinginkan misal bangkrut. Asuransi merupakan salah 1 contoh antisipasi. 

onta1

 7. Jurus Ular

Ular menggambarkan perbaikan. Ular senantiasa mengganti kulitnya ketika volume tubuh kian membesar. Proses pergantian kulit ini membutuhkan waktu, melelahkan bahkan menyakitkan bagi ular. Artinya, pengusaha harus terus memperbaiki diri terutama ketika usaha kian berkembang. Jagalah penampilan diri, perusahaan dan produk tetap prima dan menawan.

ular1

 

8. Jurus Cicak

 Cicak menggambarkan pengorbanan. Cicak akan memutus ekor ketika dalam kondisi berbahaya atau menjumpai pemangsa demi menyelamatkan diri. Artinya, pengusaha mengorbankan keuntungan dan kenyamanan jangka pendek demi kepuasan jangka panjang. Misal : Kita berpromosi produk baru dan mengeluarkan biaya supaya dikenal konsumen meski belum mendapatkan keuntungan sepeser pun.

cik1

 

 

9. Jurus Kucing

Kucing menggambarkan profesional. Falsafah Cina mengajarkan tidak penting kucing hitam atau kucing putih, yang penting kucing menakuti tikus. Artinya, pengusaha bekerja professional meski dia saudara, teman atau kolega.

kucing1

 

10. Jurus BunglonBunglon menggambarkan adaptasi dan kamuflase. Kulit Bunglon berubah warna secara otomatis dan cepat sesuai warna dominan lingkungan. Artinya, pengusaha harus bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi dunia bisnis meski harus bernafas dalam lumpur hitam pekat sekalipun. Pengusaha dengan licin mampu mengatasi beragam permasalahan dilapang. Berhadapan dengan kompetitor, pengusaha bekerja cerdik dan bisa mengelabui lawan. 

bunglon1

 11. Jurus PisangPisang menggambarkan kaderisasi. Tanaman pisang akan melahirkan anakan setelah berbuah. Juga aktif bertunas ketika dalam kondisi cekaman lingkungan. Artinya, pengusaha membangun sistem kaderisasi yang bagus. Kaderisasi ditujukan mengantisipasi pergantian karyawan baik karena keluar maupun pension. Kaderisasi mempersiapkan karyawan baru ketika usaha kian berkembang. 

pisang1

  12. Jurus Jemput BolaJurus Jemput Bola menggambarkan antusias dan proaktif. Pemain bola memperebutkan 1 bola dengan tetap menjaga kerja tim. Bola bukan ditunggu tetapi harus dijemput. Artinya, pengusaha harus jeli mencari, melihat dan memanfaatkan peluang usaha menjadi bisnis yang mendatangkan profit. 

bola1

 13. Jurus Bunga

Jurus Bunga menggambarkan penampilan. Hampir semua orang menyukai keindahan bunga. Untuk itu, orang berani membeli bunga dengan harga mahal daripada membeli produk pertanian yang lain. Artinya, pengusaha membangun produk dan memberikan pelayanan terbaik supaya disukai, dibutuhkan dan disayangi oleh konsumen. Dengan kesadaran sendiri tanpa paksaan, konsumen akan menjadi pelanggan setia kita.

bunga1

About these ads

Satu Tanggapan to “Jurus-Jurus Bisnis”

  1. Ian Says:

    Sepertinya saya pernah membaca jurus2 ini dr sebuah buku. Klo ga salah, “21 jurus enterprenuer sukses” :-)
    Tp ga tao jg dweh. Saya lupa.. Makasih jurus2 nya ya mas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: